3 Komponen Utama Yang Dibutuhkan Oleh Software ERP Distribusi

Wholesaler dan distributor merupakan bagian penting dalam channel distribusi dalam membentuk sebuah jaringan antara manufaktur dan juga retailer. Sayangnya meski kedua hal ini sangat penting untuk keseluruhan proses supply chain, namun jarang diberikan perhatian oleh beberapa vendor software ERP. Meski sekarang telah banyak software ERP distribusi yang mampu memenuhi kebutuhan manufaktur dan retailer namun hanya beberapa yang mampu turut memenuhi kebutuhan dalam industri wholesale dan distribusi.

Bisnis Wholesale dan Distributor

Wholesale dan distribusi berada antara manufaktur dan retailer dalam sebuah supply chain. Sederhananya, wholesale adalah bisnis yang memenuhi pemesaran para retailer dengan membeli secara massal barang atau produk dari para supplier.

Sementara distribusi  bertindak sebagai perantara antara manufaktur dan retailer dengan memberikan layanan tambahan seperti memberikan nilai jual pada produk, mengambil peran aktif dalam penjualan dan promosi produk dan memproses pengembalian produk.

Namun pada kenyataannya, garis antara wholesaler dan distribusi tidak selalu jelas, bahkan tidak jarang para wholesaler juga turut menyediakan jasa distribusi begitu juga sebaliknya. Karena itulah banyak perusahaan wholesaler menyebut diri mereka “wholesale distributor”

3 komponen kunci yang harus dimiliki oleh software ERP distribusi

Software ERP manufaktur atau ritel biasanya tidak mencakup kebutuhan para wholesaler dan juga distribusi karena mereka membutuhkan sebuah fungsionalitas yang luas di beberapa area yang tidak terdapat pada bisnis manufaktur dan ritel. Berikut 3 komponen utama yang harus dimiliki oleh setiap software erp distribusi yaitu:

  1. Proses Manajemen Distribusi

    Proses manajemen distribusi dibagi menjadi 6 bagian yaitu :

    • Perencanaan Manajemen Distribusi
    • Sales Management
    • Purchasing Management
    • Quality Management
    • Customer Relationship Management
    • Barcoding
  1. Supply Chain Management

    Proses ini merupakan sebuah proses pengelolaan semua operasional bisnis antara supplier, manufaktur, wholesale, distributor, ritel dan juga customer. Software ERP distribusi harus mampu menyediakan fungsionalitas supply chain yang mendalam dan mencakup ke tiga bidang berikut, yaitu :

    • Warehouse Management System (WMS)
    • Transportation Management System
    • Supplier Relationship Management
  1. Back Office Operations

    Anda pasti mengetahui bahwa fungsionalitas berikut sangatlah umum dan diperlukan untuk manajemen bisnis. Fungsi ini berperan penting agar Anda dapat menjalan operasional bisnis Anda dengan lancar.

    • Financial Application
    • Accounting Application
    • Human Resource

Jika software ERP distribusi Anda memiliki ketiga komponen diatas maka dapat dipastikan bisnis Anda dapat berjalan dengan baik. Namun jika belum, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk mengganti software Anda dengan yang lebih baik seperti Acumatica Cloud ERP.

Ingin tahu kenapa? Hubungi kami di (021) 53675015 atau bisa juga melalui email kami di sales@8thinktank.com.