3 Masalah Umum Yang Biasa Dihadapi Perusahaan Manufaktur

Dalam dunia bisnis pastinya akan selalu mendapatkan permasalahan yang harus selalu dapat kita hadapi. Terlebih dengan perkembangan dunia bisnis yang tengah pesat sekarang ini, pastinya akan muncul masalah-masalah baru yang melibatkan hampir di tiap aspect bisnis yang kita miliki.

manufacture

Apalagi perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang hampir selalu mengalami permasalahan. Apalagi dengan tanda-tanda pergerakkan serta pertumbuhan bisnis saat ini telah membawa paket masalah dan rintangan baru bagi dunia bisnis.

Jika bisnis Anda bergerak di bidang manufaktur, ada baiknya Anda mulai melihat pergerakan bisnis Anda dan memastikan Anda tidak kehilangan kesempatan apapun untuk mengembangkan bisnis Anda.

Untuk dapat melakukan hal itu, mari perhatikan 3 masalah umum yang biasa di hadapi perusahaan manufaktur.

  1. Poor Inventory Management
    Pengendalian yang ketat terhadap inventory management telah menjadi tindakan yang vital untuk meningkatkan efisiensi. Meski perusahaan manufaktur yang Anda miliki telah memiliki proses yang sangat baik, namun penting untuk Anda selalu mengontrol stok barang yang Anda miliki. Sehingga Anda dapat mengetahui persediaan yang Anda miliki.Itu semua akan menjadi pekerjaan yang cukup memakan waktu apa lagi jika Anda mengerjakan pencatatan persediaan Anda secara manual. Berbeda jika Anda menggunakan program ERP moderen yang mampu memberikan efisiensi dalam pengerjaan proses manufaktur dimana Anda dapat mengerjakan berbagai proses bisnis serta berbagai aspek perusahaan Anda secara cepat.
  1. Inadequate Quality Control
    Pelanggan selalu memiliki kemampuan untuk tidak kenal ampun, apa lagi pada zaman sekarang yang serba sosial. Pada akhirnya, zaman ini semakin menuntut kita untuk selalu memastikan bahwa kualitas yang kita miliki haruslah selalu baik mulai dari awal pembuatan sampai akhir penyelesaian produk.Hal ini tentunya tidaklah mudah, namun dengan memiliki sistem yang mampu menangani masalah manufaktur dengan cepat dan efisien akan sangat membantu Anda.
  1. Supply Chain Problems
    Ada masanya ketika perusahaan manufaktur harus memiliki segala sesuatu yang mereka butuhkan baik itu bahan baku atau komponen lainnya dari pemasok yang mereka miliki. Namun terkadang terdapat beberapa permasalahan dengan rantai pasokan (supply chain) ini seperti fluktuasi harga, kehandalan pemasok serta quality control antar pemasok.Untuk itu Anda membutuhkan pengendalian pemasok yang moderen dimana Anda dapat menerima update sehingga Anda dapat bereaksi ketika ada permasalahan yang datang.

Ketiga masalah umum tersebut semua dapat teratasi jika kita memiliki sebuah sistem moderen seperti software ERP yang dapat menghandel berbagai aspek yang terdapat dalam perusahaan manufaktur. Jadi sudahkah Anda menggunakan Software ERP pada bisnis Anda?

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *