3 Permasalahan Akuntansi Yang Biasa Terjadi di Perusahaan

Bukan salah Anda jika bisnis Anda memiliki masalah. Terlebih Anda tidak sendirian, banyak diluar sana orang – orang yang memiliki bisnis yang sama seperti Anda. Ketika Anda pertama memulai bisnis, kita tidak hanya menaruh kredit dan debit sebagai prioritas utama kita. Lagipula,  menjaga records bukanlah keahlian Anda. Namun walau begitu, mengabaikan laporan management akan membawa Anda ke dalam permasalahan akuntansi rumit.

Dari berbagai permasalahan akuntansi dalam bisnis, telah banyak yang mengatakan “Andai saja saya mengetahui seberapa banyak permasalahan akuntansi yang biasa terjadi, hal ini mungkin tidak terjadi”

Namun kadang ada juga yang sudah mengetahui permasalahannya tapi mereka tidak segera menanganinya dengan alasan “saya tidak punya waktu untuk hal itu” atau “saya tidak tahu bagaimana cara menanganinya”

permasalahan akuntansi

Karena itulah kita akan mencoba sedikit membahas beberapa permasalahan akuntansi yang biasa terjadi di dunia bisnis.

  1. Not Staying on Top of Receivables
    Mendapat bayaran akan selalu menjadi bagian yang menyenangkan dalam menjalankan bisnis. Hal yang tidak terlalu menyenangkan adalah melacak piutang Anda.Ketika Anda mengeluarkan sebuah invoice, piutang akan tercatat dimana hal ini berarti customer berhutang uang pada Anda. Ketika Anda menerima pembayaran dari customer Anda, seharunya status di invoice berubah menjadi terbayar. Namun pada kenyataannya tidak semudah itu, dan simpanan nasabah terkadang di rekonsiliasi sejak tidak pernah ada cukup waktu dalam sehari.Namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan cloud accounting software seperti Acumatica Cloud ERP yang dapat mengotomatiskan proses piutang Anda.
  1. Not Keeping Expense Receipts
    Kebanyakan pemilik bisnis gagal dalam menyimpan salinan dari kuitansi pengeluaran bisnis sehingga dapat menimbulkan permasalahan pajak, akuntansi dan arus kas. Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan kuitansi ini? Tentu saja dengan menyimpan kuitansi dari segala pembelian dan pengeluaran bisnis. Proses ini mungkin sangatlah tidak praktis, namun dengan penggunaan fitur dari software ERP Anda dapat menambahkan belanjaan bisnis Anda secara cepat.
  1. Not Recording Cash Expenses
    Sangat penting bagi seorang pemilik bisnis untuk melacak segala pengeluaran yang ada pada bisnis mereka sehingga biaya ini dapat dikurangi dari total pendapatan pada saat perhitungan pajak dan menjaga keseluruhan profit sepanjang tahun.

Pada dasarnya, kita harus selalu melakukan pencatatan pada apa saja pengeluaran atau pemasukan yang ada pada bisnis kita. Meski terdengar sangat rumit dan sangat melelahkan, hal ini sangat perlu di lakukan agar bisnis kita tetap dapat berdiri dan berkembang.