Inilah Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Sistem Akuntansi Yang Kuat

Bisnis kecil kebanyakan memulai sistem akuntansi mereka secara manual,  lalu mereka mulai menggunakan QuickBooks atau Excel ketika pengeluaran mereka mulai sulit untuk di lacak. Karena itulah, sebaiknya dari awal Anda mulai mempertimbangkan penggunaan sistem akuntansi yang dapat berkembang sejalan dengan bisnis Anda.

accounting system

Jika Anda belum terlalu yakin tentang software apa yang sebaiknya digunakan, ada baiknya Anda mengkonsultasikannya dengan software consultant untuk menilai kebutuhan bisnis Anda dan merekomendasikan beberapa software akuntansi yang sesuai.

Pastikan sistem yang hendak digunakan dapat di integrasikan ke dalam berbagai proses bisnis yang Anda miliki agar dapat menghemat waktu dan meminimaliskan kesalahan pemasukan data.

Penyimpanan Data

Jika Anda memilih software berbasis  akuntansi, pastikan semua data yang berisikan informasi keuangan rahasia Anda sudah di enkripsi. Software tersebut juga sebaiknya memiliki kemampuan untuk menjadwalkan backup data agar informasi vital yang Anda miliki tidak hilang jika terjadi kerusakan pada komputer.

Laporan

Laporan akuntansi yang detail dapat membantu manajer keuangan Anda dalam memberikan keputusan bisnis yang baik bagi perusahaan. Pastikan sistem akuntansi Anda dapat menghasilkan paket finansial lengkap termasuk neraca, laporan laba rugi, laporan arus keuangan dan laporan kepemilikan ekuitas. Selain itu Anda juga mungkin ingin menghasilkan custom report menggunakan informasi dari database software seperti laporan inventori, biaya barang, laporan anggaran, piutang dan juga laporan pajak.

Akurasi

Kegunaan dari semua sistem akuntansi bergantung pada ketepatan data yang dimiliki. Semakin akurat data yang dihasilkan maka akan semakin mempermudah Anda dalam mengambil keputusan  bisnis berdasarkan data yang dihasilkan.

Banyak sistem akuntansi diluar sana yang menawarkan berbagai macam fitur andalan yang mereka miliki. Oleh sebab itu kita juga harus pandai memilih software mana yang tepat untuk bisnis Anda.

Acumatica Cloud ERP merupakan salah satu sistem akuntansi yang saat ini tengah berkembang pesat dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar di asia. Acumatica cloud ERP menggunakan cloud based system dimana semua data Anda akan tersimpan secara online,  jadi Anda tidak perlu lagi khawatir data Anda hilang jika komputer Anda mengalami kerusakan.

Selain itu, Acumatica juga memiliki jenis laporan lengkap yang Anda butuhkan untuk mengelola bisnis Anda mulai dari finansial, distributor, manufaktur dan lain sebagainya. Data yang dihasilkan juga akurat dan dapat Anda lihat secara real-time sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis dengan cepat.