Beginilah Cara Anda Membuat Account Payable Dengan Baik

Account Payable (AP) adalah salah satu faktor penting dalam modal kerja perusahaan dan juga merupakan indikator utama efektivitas operasional secara keseluruhan. Jika indikatornya terlalu tinggi, organisasi Anda mungkin akan segera kesulitan membayar tagihan tepat waktu, namun jika terlalu rendah, organisasi Anda bisa dengan bijaksana membayar tagihan lebih awal dari pada menikmati masa tenggang dan menginvestasikan kelebihan uang untuk menunjang proses bisnis.

account payable

Selain itu tingkat Account Payable juga mempengaruhi beberapa ukuran kinerja keuangan termasuk days payable dan rasio aset terhadap liabilities.

Praktik Terbaik Account Payable

Proses Accounts Payable yang efektif dan efisien dapat mebantu Anda dalam menangani volume faktur harian serta proses tambahan lainnya seperti pembayaran dan aktivitas akhir bulan. Tapi, volume faktur dan biaya sangat jarang konsisten dari hari ke hari. Oleh karena itu, organisasi Anda memerlukan sistem handal yag dapat mengakomodasi berbagai metrik. Dengan kata lain, harus tepat waktu dan akurat.

Timeliness (Ketepatan Waktu)

Ketepatan waktu sangatlah penting karena dapat menciptakan kontinuitas dan konsistensi serta membangun kepercayaan dengan vendor sehingga memungkinkan organisasi Anda berfungsi dengan baik.

Accuracy (Ketepatan)

Ketepatan waktu memang penting, tapi tanpa akurasi yang baik tentunya hal itu sangat tidak membantu. Untuk membangun kredibilitas dan menghindari pengulangan dan biaya yang tidak perlu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa semua faktur vendor telah di indeks secara akurat dan di proses ke dalam alur kerja Account Payable pada usaha pertama.

Manajemen Account Payable – Proses Yang Terbukti

Agar proses pengelolaan Account Payable berhasil, organisasi Anda perlu berfokus pada tiga hal utama yaitu, alur kerja, peran dan tanggung jawab individu, dan juga komunikasi.

Ketika kita telah berhasil menerapkan hal hal diatas, pastinya manajemen account payable akan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih jika penanganannya di bantu dengan menggunakan sebuah software yang dapat mendukung proses kerja seperti Acumatica Cloud ERP.