Customization vs Configuration – Implementasi Sistem ERP Bisnis

Ketika datang waktu untuk kita membuat atau menggunakan sistem ERP kita sendiri, akan ada banyak hal yang akan sangat perlu untuk dikerjakan dan dipertimbangkan seperti salah satunya adalah customization dan configuration. Mitra implementasi ERP pastinya akan dengan sangat ahli mengumpulkan berbagai macam data sesuai dengan kebutuhan bisnis. Kemudian mengkonfigurasi atau mengcustomize sistem ERP tersebut untuk memenuhi kebutuhan bisnis kita.

ERP Customization vs ERP Configuration

A customization is a feature, extension, or modification that requires custom coding and/or some form of special implementation. A configuration is when you use native tools in the system to change its behavior or features.

customization dan configuration

ERP Customization

Ketika kita mengcustomize sistem ERP, kita akan membangun sebuah fungsi yang tidak terdapat pada software ERP yang akan digunakan. Jika partner ERP kita tidak dapat membantu kita dalam membangun customization ini, hal ini mungkin akan sangat menyusahkan kita untuk bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.

  • Membutuhkan keahlian teknikal dan pengetahuan produk yang mendalam
  • Customization sering kali memiliki keunikannya masing-masing bagi tiap solusi
  • Membutuhkan penambahan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan

ERP Configuration

Sementara jika Anda memilih untuk mengkonfigurasi sistem ERP, pada dasarnya Anda mensetting pengaturan sistem ERP Anda. Mungkin terdengar mudah, tapi perlu Anda ketahui bahwa akan ada banyak sekali pengaturan yang pastinya pengetahuan mendalam tentang sistem ERP yang dimiliki akan sangat dibutuhkan. Namun dalam hal ini Anda dapat meminta bantuan pada partner Anda karena pastinya mereka telah berpengalaman dalam hal ini.

  • Memerlukan pengetahuan mengenai sistem ERP yang mendalam
  • Konfigurasi yang dilakukan di berbagai sistem ERP biasanya pada dasarnya sama
  • Mengatur fitur yang ada untuk memenuhi kebutuhan bisnis

Namun baik erp customization dan erp configuration memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Jadi apapun yang akan Anda pilih dan gunakan, sebaiknya pastikan dulu bahwa sistem ERP tersebut mampu mengakomodasi segala keperluan Anda seperti halnya Acumatica Cloud ERP.

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *