Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengelola Laporan Keuangan Perusahaan

Setiap bisnis yang sukses selalu dimulai dari bisnis kecil yang kemudian berkembang menjadi perusahaan besar seiring dengan berjalannya waktu. Langkah pertama dalam pengembangan akan menjadi pelajaran bagi pemilik bisnis dalam mengasah keahlian membuat laporan keuangan agar mereka dapat memimpin dengan baik keuangan perusahaan mereka.

laporan keuangan

Meski akan sangat memakan waktu untuk bisa mengerti bagaimana laporan keuangan mereka seharusnya, namun hal ini akan sangat perlu di lakukan. Kesalahan adalah hal yang biasa, tapi Anda dapat menghindari kekacauan dengan mengetahui hal yang mungkin salah dalam akuntansi bisnis Anda seperti berikut.

  1. Accounts Receivable/Collections
    Akan ada proses laporan keuangan yang rumit antara invoice dan account receivable/collections. Kebanyakan permasalahan berawal dari terlambatnya penandaan invoce sebagai “terbayar (paid)” dan waktu penerimaan pembayaran. Ketika tidak di cek dan di update, akan banyak terdapat list yang tertinggal (outdated) ketika Anda ingin me-reviewnya.
    Sebagai pemilik bisnis, Anda harus me-review daftar accounts receivable/collections untuk menentukan pendapatan dan memperhitungkan jumlah pajak yang harus dibayar. Ketika tidak dilakukan dengan baik, kekacauan ini akan mengarahkan bisnis Anda pada pembayaran pajak yang bertumpuk dan pada saat yang bersamaan hal ini akan menurunkan pendapatan Anda.
  1. Cash Flow
    Salah satu permasalahan terbesar dari management cash flow adalah mencampurkan keuangan personal dan bisnis. Begitu banyak pebisnis yang menggunakan satu account untuk keuangan keduanya. Pemasukan dan pengeluaran dari dua account yang berbeda akan membuat kekacauan yang rumit, dan tidak mungkin untuk Anda menyusunnya tanpa ada resep atau kuitansi dari semua pembelian atau pengeluaran. Itulah mengapa Anda harus membuat batasan yang jelas untuk membedakan kedua entitas ini.
  1. Managing Paperwork
    Hal yang paling penting dari paperwork management dalam bisnis adalah menjaga resep atau kuitansi. Anda mungkin memiliki kebiasaan yang baik dengan selalu meminta kuitansi di setiap pembelian, tapi kuitansi ini akan menjadi hal yang tidak berguna jika kita gagal menyusun mereka. Metode yang tepat untuk mencegah hal ini adalah dengan hanya menggunakan kartu kredit atau debit untuk pengeluaran bisnis. Jadi walaupun kita lupa untuk meminta kuitansi, akan selalu ada catatan yang tersedia untuk Anda.
  1. Closing the Books Each Month
    Waktu yang ideal untuk membuat untuk membuat laporan keuangan adalah saat akhir bulan. Jika Anda menutup laporan terlalu cepat, laporan keuangan Anda mungkin tidak mendapatkan laporan yang dibutuhkan untuk review bisnis yang efektif. Namun jika terlalu lama, laporan keuangan Anda mungkin akan membutuhkan berbagai resources untuk membuatnya menjadi lebih simple. Laporan bulanan harus memiliki informasi mengenai semua transaksi termasuk pembayaran pinjaman, nilai masing-masing aset bisnis, dan lain sebagainya.
  1. Managing Payroll
    Meski terlihat mudah, mengelola penggajian bukanlah hal yang simple. Penggajian di lindungi oleh peraturan pajak yang rumit, bahkan ada peraturan yang akan menghukum jika terjadi kesalahan. Penggajian tidak hanya mengenai gaji, tapi juga termasuk pinjaman, bonus, senioritas dan lain sebagainya.

Untungnya sekarang telah hadir sebuah software ERP seperti Acumatica Cloud ERP yang dirancang khusus untuk kita mengelola laporan keuangan secara mudah dan cepat. Tidak hanya itu, software ini juga mampu menghandle berbagai aspek yang ada di dalam bisnis kita sehingga kita dapat mengontrol bisnis secara mudah dan mendapatkan report yang lebih akurat.

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *