Keuntungan Manajemen Inventori Bagi Perusahaan Retail

Bagi perusahaan ritel, inventaris merupakan salah satu aspek bisnis yang paling penting. Tapi itu juga salah satu hal yang paling sulit dilacak. Setiap hari, penjualan, pengembalian, penerimaan dan pemalsuan baru memengaruhi tingkat persediaan Anda. Mencatat semuanya secara real time adalah salah satu tugas terpenting untuk menjaga bisnis Anda agar dapat terus bergerak.

retail management

Inilah mengapa bisnis ritel Anda memerlukan software manajemen inventori khusus.

Melewatkan lebih sedikit penjualan

Bila Anda tidak melacak inventaris Anda, Anda akan mudah kehabisan produk dan kehilangan penjualan. Dari pada mengandalkan ingatan atau terus-menerus mengunjungi gudang Anda, software manajemen persediaan khusus bisa menjadi apa yang Anda butuhkan.

Dengan sistem yang paling modern, Anda dapat menjalankan laporan stok yang cepat dan mudah untuk diperbarui tentang apa yang terjadi di gudang Anda. Anda dapat dengan cepat melihat produk apa yang sedang kehabisan, membandingkan tingkat stok Anda dengan apa yang telah terjual dengan baik dan secara otomatis menyusun ulang sebelum Anda kehabisan.

Berinvestasi dalam produk yang dijual

Agar sukses di ritel, Anda perlu menginvestasikan uang Anda dengan bijak dengan membeli jumlah barang yang tepat dari setiap produk agar cukup untuk menjaga penjualan tetap berjalan dan mencegah stok habis, tapi juga tidak begitu banyak sehingga tidak ada barang sisa. Dengan platform pengelolaan inventori khusus, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi produk yang bergerak lambat dan mengalokasikan anggaran untuk berinvestasi pada produk yang lebih sering dijual.

Laporan yang akurat = pengambilan keputusan yang lebih baik

Dengan software manajemen inventori, Anda dapat dengan cepat menghasilkan laporan stok yang akurat dan melihat nilai biaya saham yang sesungguhnya  yang penting untuk laporan keuangan Anda. Semakin mudah, dan lebih akurat, Anda dapat melihat neraca Anda – serta laporan Biaya Penjualan dan Laba Rugi Anda – sehingga Anda dapat meningkatkan keputusan manajemen yang lebih baik.

Mudah dalam mengatasi kesalahan

Jika Anda melihat dengan seksama pada inventori menggunakan software manajaman inventori Anda akan segera menemukan masalah yang sedang Anda hadapi, bukan berbulan-bulan kemudian dimana hal tersebut mungkin telah menghabiskan banyak uang. Entah langkah dalam proses gudang Anda yang  terlewatkan atau salah satu tenaga penjualan Anda membuat kesalahan pada perintah penjualan, Anda perlu tahu lebih cepat daripada nanti. Jalan terbaik? Dengan terus-menerus mengawasi penjualan dan pembelian melalui software manajemen inventori.

Kepuasan pelanggan yang meningkat

Manajemen persediaan yang tepat juga membantu Anda memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Ketika pelanggan mengatakan bahwa mereka belum menerima salah satu produk yang mereka pesan, Anda harus dapat memeriksa stok dan mengonfirmasi hal tersebut. Demikian juga, jika Anda terus-menerus mempertahankan tingkat persediaan, Anda dapat mengidentifikasi pengiriman yang salah lebih cepat. Dan jika sistem stok Anda up to date dengan pesanan pembelian, Anda akan dapat menjual produk yang mereka inginkan kepada pelanggan karena Anda akan tahu lebih banyak lagi yang akan tiba. Komunikasi semacam ini mendorong pelanggan Anda untuk mempercayai Anda, yang pada saat yang kompetitif ini, adalah aset yang sangat berharga.

Penataan ulang yang efisien

Reordering akan lebih cepat dan mudah jika laporan Anda mengetahui apa yang ada dalam stok. Anda dapat bekerja secara metodis melalui rangkaian produk Anda, membuat keputusan pembelian berdasarkan informasi bukan secara fisik memeriksa rak gudang untuk menulis pesanan pembelian.

Jika laporan Anda berasal dari sistem manajemen persediaan yang canggih, Anda juga dapat mengetahui apakah Anda sudah memiliki produk yang dipesan dengan pemasok dan jika pemasok Anda memiliki waktu pengiriman yang terlalu lama atau pengiriman yang tidak teratur maka Anda akan segera mengetahuinya. Informasi seperti ini adalah suatu keharusan jika Anda ingin tetap melakukan pemesanan ulang berada di bawah kontrol.

Mengurangi biaya gudang

Bila software inventori Anda memberi tahu Anda apa yang ada dalam persediaan, proses pick-pack-ship dapat berjalan lebih efisien. Staf gudang Anda tidak perlu lagi berlari-lari mencari produk terakhir karena Anda tahu persis kapan barang itu dijual dan dikirim. Ini memungkinkan Anda memproses lebih banyak pesanan dalam jumlah waktu yang sama dengan staf yang sama-atau menyeimbangkan sumber daya Anda secara berbeda. Pelacakan manajemen inventori yang akurat membuat bisnis Anda tetap ramping!

Perbaiki stock take dan efisiensi akhir tahun.

Dengan sistem manajemen persediaan khusus, stok berkala lebih cepat dan lebih efisien. Anda hanya perli mengkonfirmasi data yang sudah ada di sistem Anda daripada melakukan banyak entri data yang hanya akan memakan waktu