Keuntungan & Manfaat Dari Software Manajemen Distribusi Bagi Bisnis

Sistem manajemen distribusi, atau yang lebih dikenal dengan istilah DMS, adalah aplikasi yang sering digunakan untuk mengelola aktivitas bisnis. Software ini mencakup pemrosesan order penjualan, pembelian, manajemen persediaan dan juga akuntansi keuangan. Aplikasi perangkat lunak DMS berakar pada distribusi, yang memberikan tingkat fungsionalitas yang lebih tinggi, khusus untuk kebutuhan perusahaan distribusi.

Distribution Management

Manfaat Software Manajemen Distribusi

Aplikasi perangkat lunak software manajemen distribusi dapat melayani berbagai kebutuhan bisnis yang berbeda dan memberikan efisiensi serta keandalan yang lebih tinggi. Setiap industri bisnis memiliki persyaratan fungsional tertentu berdasarkan produk yang digerakkan oleh industri di pasar. Beberapa manfaat perangkat lunak DMS adalah:

  1. Meningkatkan kolaborasi elektronik dengan mitra dagang.
  2. Mengelola tugas yang kompleks dengan mudah.
  3. Kontrol yang terkomputerisasi.
  4. Komunikasi yang efektif.
  5. Meningkatkan efisiensi dan kehandalan.
  6. Penjadwalan tugas
  7. Manajemen proyek.
  8. Mengotomatiskan arus informasi proses.
  9. Pengelolaan arus data.

Kebutuhan Akan Software Manajemen Distribusi Dalam Bisnis

Kebutuhan akan aplikasi software manajemen distribusi kini telah dirasakan karena adanya kebutuhan bisnis dari perusahaan sentris distribusi. Kebutuhan ini sangatlah spesifik sehingga menjadikan perangkat lunak DMS sangat penting untuk menghadapi tantangan yang dihadapi bisnis karena persaingan pasar dan persaingan dengan bisnis lain. Beberapa industri sentris distribusi yang sangat membutuhkan aplikasi perangkat lunak DMS adalah:

  1. Industri otomotif. Distributor di industri ini memerlukan sistem software manajemen distribusiyang memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi pembuatan / model / tahun pada produk tertentu.
  2. Industri pakaian. Pelanggan memesan barang untuk pakaian dalam matriks warna / gaya / ukuran dan dengan demikian, industri ini membutuhkan DMS yang dapat memenuhi kebutuhannya.
  3. Industri perawatan kesehatan. Kebutuhan sesungguhnya dari industri ini berkaitan dengan pelacakan nomor seri unik dari entitas pengiriman individual, dari supply chain, karena perusahaan biasanya menangani jutaan pengiriman setiap harinya.
  4. Produsen makanan dan distributor. Tanggal kode produk yang spesifik adalah persyaratan yang paling penting untuk industri ini, karena persediaan tidak boleh dikirim ke pelanggan setelah mencapai waktu tertentu. Dengan demikian dibutuhkan DMS yang memenuhi kebutuhan dan persyaratan industri yang rumit.
  5. Distributor grosir. Ada segudang persyaratan khusus pelanggan yang harus dipenuhi melalui DMS. Format file EDI harus dikembangkan dan dikelola sesuai kebutuhannya.
  6. Distributor industri. Mereka memiliki katalog produk yang masif dan salah satu kebutuhan bisnis mendasar mereka adalah penambahan value, yang menciptakan diferensiasi kompetitif yang memadai. Dengan demikian, mereka membutuhkan DMS untuk mengkompilasi kebutuhan mereka.
  7. Mereka memerlukan DMS yang dapat memenuhi kompleksitas penyimpanan pesanan dan manajemen persediaan yang harus ditangani secara musiman sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Acumatica Distribution Management

Acumatica Cloud ERP mengelola pesanan penjualan, melacak inventaris, memenuhi pesanan, memperbaiki pembelian, dan memberikan dukungan pelanggan dari manapun dengan perangkat lunak ERP distribusi yang terintegrasi penuh dengan CRM, Finansial, Manufaktur, dan Manajemen Proyek sehingga dapat meningkatkan visibilitas di seluruh organisasi.