Manfaat & Kegunaan Teknologi Barcode Bagi Bisnis Anda

Penggunaan barcoding sudah mulai tumbuh dalam beberapa tahun ini. Meski sebelumnya teknologi barcode ini hanya tersedia untuk perusahaan besar yang mampu memberikan anggaran yang besar pula untuk bagian IT pada perusahaannya, namun sekarang berbagai adopsi teknologi barcode telah menyebabkan menurunnya biaya teknologi barcode.

barcode

Selain itu barcode kini juga telah dikembangkan sehingga dapat digunakan untuk keperluan yang lebih luas dengan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk perusahaan kecil, menengah hingga ke perusahaan besar.

Tapi apa saja sebenarnya kegunaan dari teknologi barcode ini? Mari kita pelajari lebih dalam lagi.

Kita Semua Melakukan Kesalahan, Tapi Barcode Tidak

Pada dasarnya, barcoding memberikan cara yang cepat, tepat, akurat dan juga otomatis dalam hal pengumpulan data dan mentransfer data tersebut kedalam Acumatica Cloud ERP atau software ERP lain yang telah terintegrasi dengan teknologi barcoding ini.

Nantinya Anda akan dapat merasakan manfaat dari teknologi barcode seperti menghilangkan kegiatan yang dilakukan secara manual, mengurangi biaya tenaga kerja, dan juga menghilangkan kesalahan yang biasa disebabkan oleh human-errors.

Teknologi Barcode Bukan Hanya Untuk Bagian Gudang

Mungkin memang benar, tidak ada penggunaan teknologi barcode yang paling tepat selain untuk bagian gudang dimana kita dapat mengambil persediaan, pengiriman dan penerimaan barang, melakukan perhitungan fisik, dan berbagai kegiatan lainnya yang membutuhkan pengumpulan data.

Namun penggunaan teknologi tidaklah hanya sebatas untuk penggunaan bagian gudang. Perusahaan manufaktur juga dapat ikut merasakan manfaat yang didapatkan dari teknologi ini.

Menghilangkan Pekerjaan Manual Menjadi Lebih Otomatis

Sebagai tambahan dari manfaat teknologi barcode, tidak hanya dapat digunakan untuk memudahkan proses bisnis, namun juga dapat meningkatkan moral karyawan dengan mengotomatiskan pekerjaan manual yang membosankan seperti data entry, meningkatkan pelayanan pelanggan dengan informasi yang up-to-date sehingga pekerjaan menjadi lebih effisien.