Saas & Traditional Service Deployment – Kelebihan Dan Kekurangan

Sebuah sistem ERP masa kini hadir dengan opsi implementasi yang dapat kita pilih ketika kita ingin menggunakan software ERP. Kita dapat memilih solusi implementasi ke dalam server yang kita miliki sendiri (traditional ERP), atau kita juga dapat menggunakan server dari tempat lain (Software as a Service “SAAS”).

erp deployment

Namun biar bagaimanapun, sebagai bagian dari proses seleksi sebuah sistem ERP, terdapat 4 variabel penting dimana variabel ini akan dapat memberikan keputusan yang tepat untuk Anda dalam memilih software ERP :

  1. Simplicity. Secara umumnya, SaaS lebih simpel dalam membangun dari segi teknikal. Karena Anda tidak perlu membeli server tambahan atau menginstal software tersebut di server yang dimiliki. Namun dengan menggunakan Saas, Anda dapat membangun software dengan mudah dan juga cepat.
  2. Flexibility. Karena traditional ERP di instal pada server yang kita miliki sendiri dan kita yang memiliki software, kita dapat melakukan apapun yang kita inginkan terhadap software tersebut. Anda dapat mengcustomize, mengintegrasinya dengan software lain dan lain sebagainya. Walaupun berbagai ERP software lain memang memungkinkan Anda untuk mengcustomizenya, namun Saas biasanya kurang flexibel jika dibandingkan dengan traditional ERP.
  3. Control. Oleh sebab dari nomor 2 di atas, banyak perusahaan menemukan bahwa mereka tidak dapat mengontrol software berbasis Saas menjadi seperti yang mereka inginkan, berbeda dengan traditional ERP. Hal ini sangat benar jika perusahaan tersebut adalah perusahaan menengah atau besar dengan proses bisnis yang tidak dapat dirubah sehingga tidak dapat disesuaikan dengan software. Berbeda dengan perusahaan kecil yang biasanya mampu menyesuaikan proses bisnis mereka dengan software.
  4. Cost. Secara umum, Saas dapat dibangun dengan biaya yang cukup murah sehingga sangat menarik perhatian bagi bisnis kecil. Namun biaya tahunannya dapat menjadi lebih tinggi karena Anda harus membayar untuk bisa menggunakan software ini.

Jelas pastinya akan ada kelebihan serta kekurangan dari SaaS ataupun traditional ERP. Sebagai bahan pertimbangan Anda, Acumatica Cloud ERP menyediakan kedua sistem deployment tersebut yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi apapun pilihan Anda, Acumatica siap mengakomodasinya.