4 Proses Serta Pengertian dari Manajemen Proyek

Apa itu manajemen proyek?

Sebuah manajemen itu sangatlah penting dalam dunia bisnis. Karena dengan manajemen, kita dapat melakukan proses bisnis sesuai dengan apa yang di targetkan. Tanpa adanya manajemen yang baik, itu sama saja kita tidak mengerti apa yang kita lakukan. Ibarat kata kita sedang berada di sungai dan kita hanya bisa terdiam mengikuti arus.

Tapi dengan adanya manajemen, kita tidak hanya akan mengikuti arus, tapi kita juga dapat menentukan kemana kita akan pergi dengan dayung di tangan kita.

Sebelum Think Tank membahas lebih jauh tentang apa itu manajemen proyek, apakah Anda sudah tahu apa itu manajemen?

manajemen

Manajemen berasal dari bahasa inggris “Manage” yang berarti mengelola/mengurus, mengendalikan dan juga memimpin. Dapat diartikan bahwa manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja sama dengan orang-orang dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi tersebut

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa manajamen proyek adalah suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian , pengarahan serta pengendalian atas sumber daya yang dimiliki suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Proses Manajemen

Umumnya, ada beberapa jenis proses manajemen yang biasa di implementasikan seperti :

1. Perencanaan

Perencanaan merupakan suatu proses yang meliputi upaya yang dilakukan dan menentukan strategi yang tepat untuk merealisasikan tujuan dan target suatu organisasi.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah suatu proses penyusunan struktur organisasi atau pembagian kerja mengenai taktik atau strategi yang telah dibuat pada tahap perencanaan.

3. Pengarahan

Pengarahan merupakan suatu fungsi kepemimpinan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan dinamis.

4. Pengendalian

Pengendalian merupakan sebuah mekanisme untuk memantau kemajuan dari suatu organisasi atau unit kerja terhadap tujuan atau target yang kemudian mengambil tindakan-tindakan perbaikan jika diperlukan.

Dengan adanya manajemen proyek, akan terlihat jelas batasan mengenai tugas, wewenang dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang terlibat dalam proyek tersebut.

Apabila fungsi-fungsi manajemen proyek dapat direalisasikan dengan jelas dan terstruktur, maka tujuan atau target dari proyek tersebut pun akan mudah terwujud.