5 Langkah Efektif Dalam Menganalisa Laporan Keuangan

Untuk semua profesional yang bergerak dalam bidang keuangan, sebenarnya sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara menganalisa secara efektif laporan keuangan pada perusahaan. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui dan memahami 3 kunci area yaitu :

  1. Struktur dari laporan keuangan
  2. Karakteristik ekonomi dari industri dimana perusahaan beroperasi, dan
  3. Strategi yang digunakan perusahaan yang membedakan mereka dari para kompetitor

laporan keuangan

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara tepat untuk membuat analisa keuangan yang efektif, berikut ada 5 langkah yang dapat Anda gunakan yaitu :

#1. Mengidentifikasi karakteristik ekonomi industri

Pertama-tama tentukan rantai nilai dari industri perusahaan seperti rantai kegiatan yang terlibat dalam pembuatan, manufaktur, serta distribusi dari produk atau jasa perusahaan.

#2. Mengidentifikasi strategi yang digunakan perusahaan

Berikutnya adalah melihat sifat dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan termasuk keunikan produk, tingkatan margin keuntungan dan pengendalian biaya.

#3. Menilai kualitas laporan keuangan perusahaan

Menilai kunci laporan keuangan dalam konteks standar akuntansi. Saat Anda memerika neraca dalam perusahaan, hal-hal seperti penilaian dan klasifikasi merupakan kunci evaluasi yang tepat.

#4. Menganalisa keuntungan dan resiko yang ada

Langkah ini merupakan langkah dimana Anda benar-benar bisa menambahkan nilai dalam pengevaluasian laporan keuangan perusahaan. Analisis paling umum adalah rasio laporan keuangan yang berkaitan dengan likuiditas, manajemen aset, profitibalitas, manajemen dan penilaian resiko.

#5. Mempersiapkan perkiraan laporan keuangan

Meski tidak mudah, sebagai pengelola keuangan yang profesional Anda juga harus dapat membuat asumsi yang jelas tentang masa depan perusahaan dan menentukan.

Ketika analisa keuangan telah selesai, disana masih terdapat berbagai pertanyaan yang harus dapat Anda jawab seperti “Apakah data yang dihasilkan dapat dipercaya?” Dengan munculnya pertanyaan diatas tentunya Anda membutuhkan suatu solusi yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Sebagian perusahaan menjawab pertanyaan ini dengan menggunakan bantuan dari sebuah alat seperti software akuntansi yang mampu menyajikan data keuangan secara akurat dan juga real time seperti Acumatica Cloud ERP.

Acumatica Cloud ERP dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang cepat dan juga akurat sehingga dapat mempersingkat waktu Anda dalam mengelola laporan dan memberikan waktu lebih dalam menganalisa dan membuat keputusan bisnis.

Fitur Utama Acumatica Cloud ERP

  1. Dapat mengakses laporan kapanpun dan dimanapun
  2. Menyajikan laporan yang berkualitas
  3. Kemampuan audit untuk meningkatkan akurasi data
  4. General ledger /Buku Besar
  5. Pembuatan laporan yang mudah dan cepat
  6. Dan lain sebagainya

Penggunaan software seperti Acumatica Cloud ERP tidak hanya memberikan Anda kemudahan namun juga manfaat yang akan sangat memberikan nilai lebih untuk perkembangan bisnis Anda. Dengan Acumatica, Anda dapat membuka potensi baru yang ada dalam bisnis demi meningkatkan keuntungan. Ingin tahu lebih lanjut? Segera hubungi kami di (021) 53675015 atau email kami di sales@8thinktank.com.