5 Tahapan Penting Dalam Menyusun Manajemen Strategi Bisnis

Seperti yang telah 8ThinkTank telah bahas pada artikel sebelumnya mengenai 4 Proses Serta Pengertian Manajemen Proyek, Anda kini mengetahui betapa pentingnya sebuah manajemen demi kemajuan bisnis Anda.

Dalam proses manajemen proyek, hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mempersiapkan perencanaan atau planning yang akan Anda atau tim Anda lakukan untuk mencapai target bisnis Anda.

Dengan memiliki planning bisnis ini, minimal Anda telah siap menghadapi kondisi terburuk yang akan terjadi pada bisnis Anda. “Plan for the worst and hope for the best”

strategi bisnis

Untuk melengkapi planning yang telah Anda buat, tentunya Anda juga harus memiliki strategi agar apa yang telah di rencanakan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan strategi bisnis yang tepat, bisnis Anda pun akan berjalan menjadi lebih pesat.

Berikut 5 Tahapan Dalam Menyusun Strategi Bisnis Yang Baik

  1. Membentuk Visi Strategis mengenai kemana organisasi akan bergerak
  2. Menetapkan tujuan – mengubah pandangan strategis menjadi hasil kinerja spesifik yang harus dicapai organisasi tersebut
  3. Merumuskan pilihan strategi untuk mencapai hasil yang diinginkan
  4. Mengeksekusi strategi yang dipilih secara efisien dan efektif
  5. Mengevaluasi efektivitas strategi dan dampaknya terhadap kinerja bisnis

Mengembangkan Visi Strategis

Visi strategis merupakan aspirasi manajemen mengenai arah masa depan dan juga memberikan gambaran secara rinci mengenai kemana organisasi tersebut akan bergerak. Visi ini sendiri menerangkan tujuan perusahaan dalam waktu jangka panjang dan membentuk identitas organisasi tersebut.

Menetapkan Tujuan Strategis Strategy

Maksud dari menetapkan tujuan disini adalah untuk mengkonversi pernyataan visi dan misi menjadi target kinerja yang spesifik. Setiap unit dalam suatu organisasi memerlukan target yang konkret dimana kinerja dan kontribusi mereka dapat di ukur terhadap pencapaian tujuan organisasi.

Merumuskan Strategi Bisnis

Beberapa langkah yang perlu dilakukan suatu organisasi dalam merumuskan strategi adalah:

  1. Mengidentifikasi lingkungan yang akan dimasuki dan menentukan misi perusahaan untuk mencapai visi yang telah dibuat.
  2. Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal untuk mengukur kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh suatu organisasi dalam menjalankan misinya.
  3. Merumuskan faktor-faktor ukuran keberhasilan (key success factors) dari strategi-strategi yang dirancang berdasarkan analisis sebelumnya.
  4. Menentukan tujuan dan target terukur, mengevaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi.
  5. Memilih strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Mengeksekusi Strategi

Visi serta strategi yang telah dibuat tidak akan berarti jika kita tidak mengerjakannya secara tuntas dan optimal. Tanpa adanya eksekusi, tujuan yang telah diterapkan pun tidak akan pernah tercapai.

Mengevaluasi Strategi Bisnis

Proses pelaksanaan strategi harus dievaluasi secara reguler. Dalam vase evaluasi ini dapat dilihat apakah segalanya sudah berjalan dengan baik atau belum. Pada tahapan evaluasi ini, kita dapat melihatnya dengan menggunakan bantuan dari software bisnis yang telah banyak tersedia seperti salah satunya adalah Acumatica Cloud ERP.