6 Langkah Menuju Pengelolaan Inventory Yang Optimal

Sebagai salah satu manajemen bisnis yang penting, pengelolaan inventory hadir dengan berbagai masalah yang dapat timbul sewaktu-waktu jika Anda tidak mampu mengelolanya dengan baik. Masalah seperti transportasi yang terhambat, masalah pemasok dan manufaktur serta perkiraan penjualan yang salah merupakan segelintir dari berbagai permasalahan yang akan Anda hadapi.

Namun tentunya kita ingin untuk menghindari semua permasalahan tersebut bukan? Sebagai pemilik bisnis yang sukses tentunya kita ingin sebuah solusi yang dapat menghindari, mengatasi serta mengoptimalkan pengelolaan inventory.

Oleh karena itu berikut 7 langkah yang dapat Anda ikuti untuk pengelolaan inventory yang optimal

  1. Kebijakaan Penambahan – Dalam menjaga tingkat persediaan yang cukup dan memadai, hal ini sangatlah penting. Periksa secara teratur tata letak gudang serta alur kerja dan pengaturan inventory Anda sebelum menetapakan replenishment policies untuk memastikan bahwa semua dapat sepenuhnya dioptimalkan.
  2. Mengevaluasi kinerja pemasok – gunakan data dari akuntansi dan pembelian guna menilai kinerja, kualitas serta harga yang dimiliki oleh pemasok. Software intelijen bisnis dapat memungkinkan Anda untuk membuat queries guna mengevaluasi pemasok dalam menemukan tren dan mengidentifikasi area untuk meningkatkan profitabilitas.
  3. Pengukuran kualitas secara real-time – Periksa kualitas barang saat akan dikirim dan miliki sistemyang mampu melacak apakah barang-barang disetujui atau ditolak. Buat kebijakan yang dapat mengotomatiskan apakah barang harus dikembalikan atau diperbaiki.
  4. Melacak biaya – salah hitung atau meremehkan biaya penjualan akan berdampak negatif pada profitabilitas bisnis. Dengan mengetahui jumlah pembiayaan penjualan yang sebenarnya, Anda dapat menetapkan harga yang sesuai dengan target keuntungan.
  5. Mengetahui kebiasaan pembelian pelanggan – akun piutang dan data pemesanan penjualan memungkinkan anda untuk mengetahui target pelanggan sehingga dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam memprediksi tren pembelian sehingga dapat memprediksi tingkat persediaan yang dibutuhkan.
  6. Memantau saluran penjualan – ada sejumlah masalah yang dapat mengganggu saluran penjualan Anda sehingga penting bagi Anda untuk dapat mendeteksi masalah tersebut sesegera mungkin agar segera mengambil tindakan yang tepat tanpa harus menyerahkan pangsa pasar Anda.

Mengikuti ke 6 langkah ini akan sangat membantu mengoptimalkan pengelolaan inventory Anda. Semua langkah diatas bisa Anda dapatkan dengan mengimplementasikan software ERP seperti Acumatica Cloud ERP.