8 Tahapan Dalam Proses Mengembangkan Produk

Bagi sebuah perusahaan, menciptakan atau mengembangkan produk yang dapat dijual atau ditawarkan kepada konsumen dan mendapatkan keuntungan dari produk yang dijual atau ditawarkan tersebut adalah sesuatu yang mereka harapkan.

Perlu kita ketahui, produk bukanlah hanya berupa barang. Pengertian dari produk adalah sesuatu yang dijual atau di tawarkan oleh penjual demi memenuhi kebutuhan konsumen. Sesuatu ini tidak selalu berupa barang. Jasa pun bisa di sebut sebagai produk. Dan tentunya kita ingin agar produk yang kita miliki selalu berkualitas dan selalu laku di pasaran.

pengembangan produk

Sebagai perusahaan yang ingin berkembang di tengah ketatnya persaingan bisnis sekarang ini, kita harus selalu mampu berinovasi dalam menciptakan produk yang mampu mempertahankan  eksistensi perusahaan dalam dunia pemasaran.

Dalam menciptakan dan mengembangkan produk yang berkualitas, terdapat berbagai langkah atau tahap yang biasa terjadi ketika kita sedang menciptakan atau mengembangkan produk yaitu:

  1. Penciptaan Ide : Tahapan ini adalah tahapan awal bagi kita dalam menentukan produk yang ingin diciptakan. Dalam tahapan ini biasanya kita memikirkan ide tentang produk apa yang ingin kita buat. Baik produk tersebut sudah ada di pasaran atau belum.
  2. Penyaringan Ide : Pada tahapan ini, kita mulai menyaring, menseleksi atau bahkan mengkombinasikan ide – ide yang ada.
  3. Pembuatan & Pengujian Ide : Pada tahapan ini kita mulai membuat serta menguji ide yang telah terbentuk hingga menjadi sebuah produk yang berkualitas dan sesuai dengan harapan.
  4. Pengembangan Strategi Pemasaran : Tahap ini adalah tahapan kita dalam membuat dan menyusun strategi pemasaran efektif yang dapat digunakan dalam memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen.
  5. Analisis Usaha : Dalam tahapan ini adalah kita melihat dan menganalisa apakah produk yang telah dipasarkan dapat memperoleh keuntungan atau tidak.
  6. Pengembangan Produk : pada tahapan ini kita mulai mengembangkan produk yang telah di konsep menjadi sebuah produk yang sesuai dengan hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya.
  7. Market Testing : tahap ini adalah tahapan dalam mempelajari performance terhadap produk yang dipasarkan. Apakah produk tersebut sudah memenuhi target atau belum. Selain itu tahap ini juga biasa digunakan untuk mengetahui pendapat konsumen mengenai produk yang di pasarkan.
  8. Komersialisasi : tahapan ini merupakan tahapan terakhir dalam penciptaan dan pengembangan produk. Tahap ini adalah tahap yang dilakukan demi menunjang penjualan yang telah diciptakan dan dikembangkan.

Meski terlihat simpel, namun pastinya kita akan menemui berbagai kendala yang bisa terjadi dalam perusahaan. Selain itu, demi menunjang tahapan – tahapan diatas, pastinya kita memerlukan berbagai macam solusi yang dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam melewati tahapan – tahapan tersebut.

Acumatica Cloud ERP merupakan salah satu solusi yang dapat kita gunakan. Acumatica Cloud ERP merupakan salah satu software bisnis yang sudah tidak asing lagi di dunia bisnis. Semua itu tidak lain karena Acumatica Cloud ERP memang diakui dapat membantu berbagai macam proses bisnis yang dimiliki oleh setiap perusahaan. Dengan bantuan modul yang dimiliki, Acumatica Cloud ERP siap membantu Anda dalam mengembangkan serta menguatkan perusahaan yang Anda miliki.