Peran Sistem Administrasi Gudang Dalam Manajemen Gudang

Sistem administrasi gudang adalah sebuah sistem pencatatan serta pengendalian atau pengelolaan secara mendetail mengenai keluar masuknya barang pada suatu gudang di perusahaan. Sistem ini memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan proses pengelolaan gudang karena sistem ini mampu mengontrol pergerakkan barang sehingga kita dapat mengetahui jumlah penerimaan dan pengeluaran barang lengkap dengan keterangan kualitas dan berbagai atribut barang yang tersedia dalam suatu periode.

sistem administrasi gudang

Sistem administrasi gudang mengurus berbagai macam data gudang seperti data pemesanan barang, data persediaan barang, data pengeluaran barang dan data permintaan barang bahkan sampai data perkiraan permintaan. Mengingat data-data yang begitu kompleks ini, Anda akan sangat membutuhkan bantuan software manajemen gudang guna menangani semua data tersebut secara terintegrasi.

Software yang biasa digunakan untuk mengatur sistem administrasi gudang ini biasa disebut dengan warehouse management system (WMS) atau software manajemen gudang. Dengan keberadaan software manajemen gudang yang dapat mensupport aktifitas pergudangan akan sangat membantu Anda dalam melacak informasi yang dibutuhkan.

Fitur Standar Yang Harus Dimiliki Oleh Warehouse Management System
  1. Receiving and putaway
  2. Dispatching
  3. Delivery Note
  4. Double Check
  5. Stock Take
  6. Reporting

Dengan ke-enam fitur standar tersebut Anda dapat lebih mudah dalam mengelola pergerakkan gudang sehingga dapat mempercepat proses secara otomatis.

Acumatica Cloud ERP

Acumatica Cloud ERP merupakan salah satu sistem administrasi gudang yang dapat Anda jadika pilihan untuk mengelola gudang Anda. Dengan software ini, Anda dapat mengetahui semua transaksi gudang dan jumlah stock dengan lebih cepat dan akurat secara real time. Selain itu Anda juga dapat mengatur lokasi penyimpanan barang secara lebih optimal sehingga dapat melakukan alur distribusi dengan lebih baik.

Fitur Utama Dalam Acumtica Cloud ERP

  1. Lot and serial numbering
  2. Transaction reason codes
  3. Inventory bin/location control
  4. Inventory sub-items
  5. Sales order discounts and promotions
  6. Item class hierarchy
  7. Expiration dates
  8. Two-step transfers
  9. Innventory replenishment suggestions
  10. Purchase order automation
  11. CRM integration

Untuk informasi lebih lengkap tentang Acumatica Cloud ERP untuk pengelolaan gudang Anda, silahkan hubungi kami di (021) 53675015 atau email kami di sales@8thinktank.com