Tantangan & Keuntungan Dari Manajemen Fixed Asset

Manajemen fixed asset mungkin bukanlah sesuatu yang biasa dijadikan perusahaan sebagai daftar prioritas mereka, namun, memiliki manajemen fixed asset yang efektif dapat memberikan berbagai keuntungan yang sayang untuk dilewatkan.

Dapat dipahami bahwa banyak perusahaan yang gagal dalam  bidang ini karena manajemen fixed asset adalah sesuatu yang tidak hanya membutuhkan usaha yang tidak sedikit namun juga membutuhkan proses agarp dapat dilakukan dengan efektif.

manajemen fixed asset

Mari kita lihat tantangan umum yang dihadapi perusahaan, pertimbangan utama untuk mengelola fixed asset dan manfaat dari pengelolaan fixed asset.

Tantangan

Seringkali masalah terbesar yang di hadapi perusahaan dalam mengelola fixed asset adalah jumlah data yang harus di kelola tanpa adanya kebijakan tentang bagaimana kita mengelola data tersebut.

Selain itu perusahaan harus mengumpulkan data untuk akuisisi aset, perusahaan harus dapat melacak perbaikan, pelepasan, kerusakan serta pemindahan aset. Terlebih kompleksitas pengelolaan asset ni akan tumbuh secara signifikan ketika  berhadapan dengan berbagai peraturan akuntansi, pajak dan beberapa yuridiksi pajak.

Masalah lain yang biasa ditemui adalah catatan fixed asset yang di depresiasi, ditinggalkan atau dibuang. Asset ini biasa dikenal dengan Ghost Asset. Meskipun kebanyakan manajemen fixed asset terfokus pada penambahan aset baru, namun penting bagi perusahaan untuk mereview catatan asset  dan menghapus ghost asset karena mereka juga memiliki dampak yang penting.

Dengan mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan merupakan langkah pertama dalam membangun proses bisnis yang efektif.

Pertimbangan Yang Utama

Hal utama yang harus di pertimbangkan demi membangun manajemen asset yang efektif adalah kebijakan yang terdokumentasi. Proses yang efektif harus menghasilkan catatan detail yang dapat dilacak pada siklus aset

Kebijakan ini harus bisa mempertimbangkan semua fase siklus dan mencakup prosedur pengakuan / kapitalisasi aset, mencatat pembuatan  prosedur, prosedur depresiasi, transfer geografis atau antar departemen, dan terakhir prosedur pelepasan aset.

Sisi lain dari kebijakan fixed asset yang baik adalah teknologi informasi yang tepat untuk mengelola data. Sistem  manajemen fixed asset yang tepat dapat bervariasi dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya tergantung dari kebutuhan. Bagi beberapa perusahaan, mungkin mereka merasa cukup hanya dengan penggunaan spreadsheet di excel, sedangkan yang lain mungkin ingin mempertimbangkan  penggunaan software.

Dalam menentukan pendekatan yang tepat untuk perusahaan, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kompleksitas kebutuhan laporan Anda. Berikut adalah skenario yang mungkin membutuhkan penggunaan software fixed asset.

  • Beroperasi di beberapa yuridiksi pajak dengan peraturan yang berbeda
  • Pemeliharaan catatan terpisah untuk laporan keuangan dan laporan pajak
  • Melacak aset di beberapa lokasi
  • Operasional yang mencakup proyek konstruksi yang memerlukan pelacakan  beberapa komponen

Keuntungan

Untuk mengembangkan dan memelihara sistem manajemen fixed asset membutuhkan usaha yang tidak sedikit, namun akan sangat berarti jika Anda dapat melakukannya dengan baik.

  • Pengakuan atau kebijakan kapitalisasi aset yang tertulis dapat memastikan bahwa barang dibebankan atau dikapitalisasi secara konsisten
  • Sistem fixed aset yang detail memungkinkan Anda menghasilkan laporan keuangan yang akurat dalam tingkat departemen atau kategori yang ditetapkan dalam sistem serta memungkinkan Anda mengevaluasi setiap aset untuk merencanakan peluang dan memaksimalkan pemanfaatan pajak.
  • Sistem fixed asset yang kuat memungkinkan Anda menghitung setiap aset dari berbagai yuridiksi serta dapat dengan mudah mengevaluasi fixed asset untuk kredit pajak dan insentif.
  • Membantu mencegah pencurian dan kehilangan aset
  • Membuang ghost asset dapat mencegah pembayaran pajak properti dan asuransi pribadi yang seharusnya tidak terjadi.

Terlepas dari bagaimana cara Anda mengelola fixed asset Anda, baik itu menggunakan spreadsheet di Excel atau menggunakan software sekalipun, manajemen fixed asset merupakan salah satu manajemen yang wajib untuk Anda pertimbangkan.