Tingkatkan Potensi Pemasaran Anda Dengan Menggunakan Buyer Persona

Sebagai seorang pebisnis tentunya Anda sadar mengenai pentingnya memberikan respon yang cepat terhadap pelanggan Anda. Selain dapat memberikan nilai tambah pada bisnis Anda, hal tersebut juga dapat membantu Anda mengerti akan kebutuhan pelanggan Anda yang pastinya akan sangat berguna untuk kemajuan bisnis Anda. Karena itulah penting untuk Anda mengerti akan apa itu Buyer Persona.

Apa itu Buyer Persona?

Buyer Persona merupakan suatu bentuk data yang merepresentasikan kustomer yang ideal bagi bisnis Anda.

Data tersebut biasanya dibuat berdasarkan demografi, kebiasaan pelanggan, motifasi dan tujuan pelanggan. Tapi semakin detail data tersebut maka akan semakin baik.

buyer-personas

Buyer persona dapat memberikan struktur serta pandangan yang luar biasa untuk bisnis Anda. Data buyer persona yang detail dapat membantu Anda untuk menentukan dimana Anda harus memfokuskan waktu Anda, produk seperti apa yang harus dikembangkan dan menyelaraskan bisnis Anda sehingga dapat mendatangkan banyak kustomer untuk bisnis Anda.

Bagaimana Cara Membuat Buyer Persona?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Buyer Persona dibuat berdasarkan hasil research, survey, interview atau dari data penjualan yang Anda miliki. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat buyer persona seperti berikut.

1. Ketahui apa yang disukai oleh para pelanggan Anda tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Data tersebut bisa Anda dapatkan dengan menanyakan langsung kepada pelanggan Anda baik secara langsung, telepon ataupun melalui chat.
2. Lihatlah kedalam database Anda dan temukan apa yang paling digemari oleh pelanggan Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan melihat data transaksi Anda dan lihat produk mana yang paling sering di gunakan atau di lihat oleh pelanggan Anda.

Tentunya untuk dapat melakukan itu semua Anda membutuhkan sebuah platform yang dapat membantu serta memudahkan Anda dalam mengumpulkan data tersebut.

Acumatica ERP

Acumatica ERP merupakan sebuah solusi yang dapat membantu Anda dalam membuat buyer persona yang mendetail dengan menggunakan berbagai modul yang dimiliki seperti financial, distribution, customer relation management, dan lain sebagainya.

Melalui salah satu modul yang dimiliki Acumatica seperti CRM (Customer Relation Management), Anda akan mendapatkan data yang Anda butuhkan seputar kustomer Anda dan Anda juga dapat berkomunikasi dengan mereka melalui Acumatica Customer Portal.

Find Out More About Acumatica

 

Dengan memiliki data buyer persona, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti :

  1. Mengidentifikasi kebutuhan serta keinginan para kustomer.
  2. Memahami bagaimana kustomer Anda membuat keputusan pembelian sehingga Anda dapat menargetkan pemasaran Anda dan membuat penjualan yang lebih baik.
  3. Mengembangkan atau membuat produk atau layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan kustomer Anda.
  4. Menentukan teknik pendekatan yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan produk atau layanan yang Anda miliki
  5. Membuat usaha pemasaran Anda menjadi lebih efektif dan efisien.