Tips Untuk Menjaga dan Mengelola Sistem ERP Anda

Penggunaan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) sangatlah vital untuk memastikan bahwa proses internal pada perusahaan dapat berjalan sesuai standar agar dapat meningkatkan produktifitas dan alur kerja yang lebih baik.

Seperti sistem pada umumnya, sistem ERP juga perlu untuk dipelihara secara teratur. Namun sayangnya, banyak perusahaan yang gagal untuk menyadari hal ini sampai terjadi suatu kesalahan dan data yang mereka miliki hilang.

the company erp system

Terdapat berbagai ancaman yang dihadapi oleh sistem erp, ancaman ini dapat terjadi baik dari faktor luar ataupun dari dalam perusahaan. Beberapa diantaranya termasuk karyawan, kurangnya pengetahuan, kurangnya tingkat keamanan, hackers dan kompleksitas dari sistem itu sendiri. Namun dengan mengikuti beberapa tips berikut dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan fungsi sistem ERP Anda.

Pastikan Sistem ERP Anda Up-to-date

Sistem erp haruslah diupdate secara teratur. Dengan begitu dapat mencegah terjadinya bugs dalam sistem dan mencegah terjadinya pembocoran atau pencurian informasi perusahaan. Dengan menjaga sistem up-to-date, dapat membuat sistem ERP Anda rentan terhadap ancaman dari luar seperti hacker dan juga virus.

Mencegah atau Mengatur Penggunaan Perangkat Karyawan

Meski dapat menghemat biaya, selalu akan ada resiko tersendiri jika karyawan diizinkan untuk menggunakan perangkat yang mereka miliki sendiri untuk tujuan pekerjaan. Perlu Anda ketahui, pelestarian informasi yang sensitif sangat bergantung pada integritas karyawan. Oleh karna itu, jika memungkinkan, batasi penggunaan perangkat karyawan untuk bekerja. Atau jika Anda ingin mengizinkan penggunaan perangkat karyawan, maka harus ada kebijakan yang jelas untuk bagaimana data digunakan dan disimpan.

Mempertimbangkan Untuk Mempekerjakan Seorang Specialist

Membuat keamanan yang lebih baik membutuhkan keahlian yang tinggi, jadi meski hal ini membutuhkan biaya tambahan, hasilnya akan sangat berguna bagi perusahaan.

Memisahkan Tugas

Tugas harus dapat dibagi sehingga karyawan dapat memantau dan mengendalikan sistem operasi dengan baik dan efisien. Hal ini memungkinkan mereka untuk melihat dan mengantisipasi berbagai ancaman yang mungkin dimiliki oleh sistem.

Menjaga Pengguna Untuk Tetap update

Karyawan yang menggunakan sistem ini harus diberitahukan secara bekala mengenai perubahan keamanan yang dimiliki. Selain itu, mereka juga harus diberitahu tentang pentingnya informasi organisasi dan bagaimana cara menggunakan, memelihara dan menjaga informasi tersebut.

Melakukan Backup dan Penyimpanan Secara Berkala

Melakukan backup rutin dan restore point sistem dalam sistem ERP merupakan tindakan pencegahan yang dapat melindungi sistem dari sejumlah ancaman keamanan.