Pengertian, Manfaat Serta Tujuan Dari Otomatisasi Perkantoran

Sudah pernah mendengar tentang istilah otomatisasi perkantoran? Menurut pengertiannya, otomatisasi perkantoran adalah penggunaan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan komunikasi secara formal ataupun informal yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.

Seiring dengan perkembangannya teknologi, era otomatisasi perkantoran dengan penggunaan perangkat komputer untuk keperluan perkantoran pun mulai beredar.

otomatisasi-perkantoran

Pada dasarnya, sistem otomatisasi perkantoran didefinisikan sebagai sebuah sistem informasi berbasis teknologi komunikasi yang dapat mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan mendistribusikan pesan, dokumen atau komunikasi eletronik lainnya antar individu dalam perkantoran.

Manfaat Otomatisasi Perkantoran

Terkait dengan berbagai komponen yang dimiliki perusahaan dalam menangani proses input data hingga distribusi, dengan memanfaatkan bantuan dari teknologi kita dapat mengerjakan berbagai aspek perusahaan secara optimal. Selain itu otomatisasi perkantoran juga memiliki berbagai manfaat seperti :

  1. Menyelesaikan pekerjaan kantor menjadi lebih cepat
  2. Mengurangi kebutuhan staff dalam jumlah besar
  3. Hanya memerlukan sedikit tempat menyimpan data
  4. Data yang disimpan dapat di organisir dengan baik
  5. Dan lain sebagainya

Pengotomatisan perkantoran juga memiliki tujuan sebagai berikut

  1. Penggabungan penerapan teknologi
  2. Memperbaiki proses pelaksanaan pekerjaan kantor
  3. Meningkatkan produktifitas dan efektivitas pekerjaan
  4. Memberikan kemampuan kepada manajemen untuk dapat memcahkan masalah perkantoran dengan lebih baik
  5. Mampu memberikan data yang akurat sehingga dapat mempermudah manajemen dalam membuat keputusan bisnis yang tepat
  6. Dan lain sebagainya

Secara umum, pengotomatisan perkantoran adalah sebuah upaya yang dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada dan menerapkannya kedalam perkantoran dengan tujuan dapat memudahkan proses pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif sehingga dapat lebih mengembangkan perusahaan.

Salah satu sistem informasi yang dapat mengotomatiskan sistem kerja suatu perusahaan adalah sebuah software yang biasa dikenal dengan software ERP seperti Acumatica ERP atau SAP Business One.

Kedua software ini merupakan software yang dapat digunakan sebagai sebuah sistem informasi yang dapat mengotomatiskan sistem kerja perusahaan dan membuat berbagai proses kerja di berbagai aspek  perusahaan menjadi lebih efisien dan lebih efektif.