Peran ERP Software Menyederhanakan Proses Manufaktur

Enterprise Resource Planning merupakan sebuah paket perangkat lunak yang mampu mengubah cara kerja perusahaan dalam mengelola back-office ke arah yang lebih positif yang memungkinkan perusahaan untuk dapat meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, manajemen dan kontrol di berbagai tingkatan proses bisnis.

manufaktur-erp-software

Selain itu software ERP mampu mengatur serta mengintegrasikan area inti bisnis kita seperti manufaktur, distribusi, keuangan dan sumber daya manusia dengan sangat baik sehingga software ini menjadi salah satu software bisnis terfavorit yang telah banyak di gunakan oleh banyak perusahaan.

Peranan Software ERP Terhadap Bagian Manufaktur

Dengan menggunakan solusi yang ditawarkan oleh erp software, bisnis kita akan memiliki keunggulan kompetitif dan kesempatan untuk merancang kembali proses bisnis sehingga kita dapat bersaing secara efektif dengan kompetitor lain bahkan dengan perusahaan yang lebih besar.

Dalam sebuah perusahaan, bagian manufaktur selalu dihadapi dengan permasalahan yang berhubungan dengan mengalokasikan bahan material dan streamline output. Namun dengan penggunaan software erp, kita dapat mengatasi permasalahan yang terkait dengan proses manufaktur seperti :

  1. Menyederhanakan proses bisnis seperti proses manufaktur
  2. Meningkatkan seluruh proses end-to-end dan membangun produk
  3. Merampingkan proses desain produk, engineering dan konfigurasi
  4. Meningkatkan pelacakan dan manajemen di bagian produk
  5. Mengotomatiskan penjadwalan kegiatan produksi
  6. Mempercepat proses manufaktur
  7. Meningkatkan prosedur jaminan kualitas, dan masih banyak lagi

Dengan kemampuan software ERP dalam menghandle bagian manufaktur, bisnis kita akan mendapatkan tambahan kapasitas untuk dapat menciptakan sebuah produk dengan kualitas terbaik dengan cara yang paling efisien dan hemat biaya.

Selain itu, software ERP biasanya didukung fitur yang dapat meningkatkan manajemen inventory, order management, pembelian dan pengadaan, logistik, perencanaan supply, dan lain sebagainya sehingga dapat membantu bisnis kita dalam mengkoordinasikan dan mengendalikan alur kerja perusahaan.