Pencatatan History Karyawan Dalam Pengembangan SDM Perusahaan

Pernahkah terpikir oleh perusahaan dimana Anda bekerja bahwa history sebuah karyawan dapat dijadikan sebuah acuan atau pedoman dalam upaya pengembangan sumber daya manusia di perusahaan tersebut?

Bagi tim HRD (Human Resource Departement), hal ini sangat perlu untuk di perhatikan. Kenapa? Karena hal ini sangatlah berpengaruh pada pelaksanaan kegiatan pengembangan sumber daya manusia di suatu perusahaan. Contohnya seperti pemberian training ataupun modul pelatihan guna meningkatkan kinerja karyawan.

history-karyawan

Sebab itulah, pertimbangan akan adanya sebuah history karyawan dibutuhkan agar perusahaan dapat melihat apakah karyawan tersebut cocok untuk di mutasi atau dipindahkan ke bagian atau divisi lain yang memang sesuai dan tepat untuk karyawan mereka.

Pencatatan History Karyawan Dalam Suatu Perusahaan

Pencatatan history karyawan ini meski terdengar atau terlihat mudah, namun kenyataanya bisa menjadi suatu tantangan tersendiri untuk divisi HR dalam melakukan pencatatan history karyawan ini.

Meski diluar sana telah hadir berbagai macam sistem atau aplikasi HR yang bertujuan untuk mempermudah proses pencatatan history karyawan ini,  namun sangat sedikit yang menyediakan secara detail history karyawan yang memang benar – benar dibutuhkan perusahaan.

Namun ada juga aplikasi HR yang memang menyediakan segala fitur yang dibutuhkan oleh tim HR guna mencatat, membangun, mengembangkan dan mengoperasikan berbagai hal yang bersangkutan dengan sumber daya manusia di perusahaan.

Salah satunya adalah software Haermes dimana software ini menyediakan secara detail tentang history karyawan yang dapat digunakan sebagai acuan atau pedoman pengembangan individu karyawan pada perusahaan.

Haermes HRIS – Solusi Manajemen SDM Perusahaan

Haermes HRIS memiliki banyak kolom (field) guna menunjang kelengkapan data karyawan perusahaan.  Selain itu, ada juga data karyawan yang bertujuan dalam pemberian training dan pengembangan sumber daya manusia guna memberikan pelatihan yang tepat yang memang dibutuhkan oleh karyawan sesuai dengan tanggung jawab pekerjaannya.

Dengan data ini, kita juga akan dapat melakukan standarisasi performa karyawan dalam pekerjaannya. Sehingga kita bisa menentukan karyawan mana yang mampu bekerja dengan baik dan tidak. Dan tentunya dapat membantu kita dalam menentukan karyawan mana yang pantas mendapatkan apresiasi atau reward atas performanya dan mana yang tidak.

Jadi mulailah kembangkan potensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia perusahaan Anda dengan Haermes HRIS  agar Anda dapat membangun sebuah sumber daya yang kompeten yang dapat memajukan perusahaan Anda.


Author — JR