On-Premise Vs Cloud ERP – Yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda mempertimbangkan penggunaan sistem  ERP untuk bisnis Anda, kemungkinan Anda akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan. Ketika Anda mempertimbangkan pilihan tersebut, salah satu keputusan penting yang harus Anda buat adalah apakah Anda akan menggunakan ERP berbasis cloud atau ERP yang di instal pada komputer (on-premise) Anda?

on-premise vs cloud erp

Perbedaan dasar antara on-premise dan cloud ERP sangatlah jelas, on-premise ERP di instal pada perangkat komputer dan server yang Anda miliki yang kemudian dikelola oleh staf IT Anda, namun cloud ERP atau biasa juga dikenal dengan sebutan SaaS (Software as a Service) dimana semua data dikelola melalui internet dan diakses dengan menggunakan web browser.

Tipe deployment yang Anda pilih nantinya akan sangat berpengaruh terhadap bisnis Anda. Berikut adalah beberapa kunci faktor yang dibutuhkan untuk mempertimbangkan dalam penggunaan on-premise atau cloud erp software.

Biaya Kepemilikan

Sistem ERP on-premise biasanya membutuhkan biaya yang besar dan investasi berlanjut untuk membeli dan mengelola software dan hardware terkait beserta server dan fasilitas yang dibutuhkan. Jika perusahaan Anda tidak memiliki staf IT yang berpengalaman, Anda mungkin akan membutuhkan waktu dan uang yang banyak dalam penambahan personil dan pelatihannya.

Selain itu, sistem on-premise mengharuskan tim IT Anda menghabiskan banyak waktu dan anggaran untuk memastikan sistem Anda dapat berjalan dengan baik. Belum lagi jika harus melakukan maintenance, ruangan khusus server dan lain sebagainya.

Namun untuk sistem cloud ERP, biaya yang dibutuhkan umumnya lebih rendah karena Anda hanya mengimplementasikan software sesuai kebutuhan yang kemudian dapat di akses melalui komputer dengan koneksi internet.

Cloud ERPmenyediakan host dan menjaga semua infrastruktur IT untuk Anda untuk memastikan sistem dapat berjalan  dengan baik, data yang dimiliki aman dan perkembangan produk dapat diluncurkan tanpa harus susah payah dan tanpa melanggar kustomisasi yang telah diterapkan sebelumnya.

Sistem Upgrade dan Perkembangan

On-premise software erp juga dapat di kustomisasi, tapi kustomisasi ini terikat dengan software deployment yang ada dan tidak dapat dengan mudah di implementasikan ulang dengan versi terbaru. Selama vendor ERP Anda memberikan update dan perkembangan baru, implementasi sebelumnya yang Anda miliki akan dihapus ketika melakukan upgrade dan tim IT Anda harus melakukan kustomisasi dari awal lagi.

Berbeda dengan cloud ERP yang secara terus menerus di upgrade oleh provider sehingga Anda dapat selalu menggunakan software terbaru yang lebih canggih dari versi sebelumnya. Karena penggunaannya yang berbasis cloud, implementasi kustomisasi Anda sebelumnya akan secara otomatis tergabung dengan update yang baru sehingga Anda tidak perlu melakukan kustomisasi ulang.

Improved System Performance and Accessibility

Cloud  ERP sering kali memberikan performa yang lebih baik dibanding on-premise.  Cloud ERP juga menawarkan optimasi performa yang dapat diadaptasikan dengan kebutuhan Anda. Jika terdapat lonjakan dalam bisnis Anda, cloud ERP akan secara otomatis menyesuaikan dan secara dinamis menetapkan sumber daya tambahan demi menangani lonjakan tersebut.

Dari tulisan diatas, cloud ERP bisa dijadikan sebagai pilihan Anda. Dan salah satu cloud ERP yang ada diantaranya adalah Acumatica Cloud ERP yang memiliki modul yang dapat mendukung perkembangan bisnis Anda mulai dari finansial, akuntansi, distribusi, manufaktur, inventori dan lain sebagainya.

Pastikan Anda memilih sistem ERP yang tepat untuk bisnis Anda agar dapat menunjang perkembangan bisnis menjadi lebih baik lagi

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *